Wednesday, December 12, 2007

Jangan Sembarangan Edit Blog

Kemaren, hari minggu tanggal 9 Desember 2007, blogku lagi kena "disaster". Kebiasaanku kali lagi buka blog itu ngga' nambah postingan2 tapi edit tampilan dan feature2nya. Bagian kesukaanku adalah "EDIT HTML"... Nah ini dia mainanku yang seru soalnya penuh dengan tantangan dan dibutuhkan kreativitas, imajinasi dan skil..halah.. apa coba..


Minggu kemaren lagi asyik2nya edit HTML code untuk page "Home". Sperti prosedur biasanya, aku save/download dulu file .xml nya, untuk jaga2 bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kemaren aku otak atik picture di headerku. Soalnya aku bingung kok tiba2 tinggi headerku menyusut??. Akhirnya aku otak atik sendiri n coba benerin. Aku repairnya dengan cara : Aku liat HTML code untuk blogku yang lain, yang tampilanya masih normal kemudian ak upload di blogku yang error ini.

Pada waktu upload, kayaknya ada message Confim delete and Save?. Tanpa membaca detailnya dan tanpa basa basi, akhirnya langsung aku klik aja. Alhasil,, sewaktu disave dan dipreview, blogku hancur berantakan dan ngga' karuan.
Waduuhh...pusing deh..akhirnya, nyerah dan restore / upload lagi deh file .xml yang disimpen semula..

Proses upload file .xml asal udah kelar, disave dan dipreview.. Setelah dilihat hasilnya...Huuuaaaaa...kok malah jadi ancur berantakan dan amburadul gini..
tampilan di blog "Home"-ku kacau balau semua, fitur2nya ilang semua. Ada favorit link, daftar isi, icon2, guest book, jam kalender, contact list dll ilang semua.
Ternyata, setelah diselikidi ternyata biang keroknya pas aku upload file pertama tadi aku main delete aja, ngga' pake baca detailnya. Nah lo...makanya ati2 think before you act.

Akhirnya jurus pamungkas keluar, aku tanya mas Rohman by email, biasa guru blog dunia mayaku..tapii.. ga dibales2..pas dibales malah email kosong. Akhirnya ya dengan kesabaran dan kejengkelan aku mulai dari awal, aku tambahan blog "Home" ku dengan fitur2 seperti sebelumnya. Aku buka Tutorial Blog dan bikin dari awal lagi..Setelah beberapa hari, akhirnya jadi juga blog "Home"ku. walaupun sedikit kecewa coz kehilangan contact list dan isi Guest Book.

Untuk yang restore guest book ini, akhirnya dikasih tau by email ama kang rohman. gini emailnya
"Ambil saja kode shoutboxnya seperti yang dulu pernah di lakukan pas
pertama kali dapat buku tamu, langkah-langkahnya sama saja."

Hahaha...akhirnya ketemu juga caranya. Tapi udah terlanjur bikin Guest book yang baru e..

Ya udah lah..yang lalu sudahlah berlalu. Yang penting kan kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kejadian ini. Intinya ya itu tadi : Think Before You Act

Ok, itu aja ah..pusing nih.. Headernya masih error..
Somebody help me.............!!!!

No comments: