Friday, August 15, 2008

Akhirnya aku jadi ST (Part 1)


"Yaah..Ujian sudah selesai, kita sebagai dewan penguji sudah mengambil keputusan. Apapun hasilnya harus diterima dengan lapang dada. Ujian tadi ada beberapa mahasiswa yang sudah oke tapi ada juga yang kurang dari harapan. Baiklah akan saya umumkan hasilnya, Akimis Solah dinyatakan LULUS dengan nilai B, Anas Fajar dinyatakan Lulus dengan Nilai B.........dst)

Itulah clossing speech yang diucapkan ibu Siti Nurfadilah, dosenku yang sekaligus sebagai ketua penguji di Ujian Pendadaran Skripsiku. Hanya perasaan Plong, Lega dan kurang puas yang aku rasakan ketika pengumuman kelulusan itu dibacakan. Plong karena aku berhasil melalui salah satu babak kehidupan yaitu mencari sebuah gelar ST. Kurang puas karena pas pengumuman dibacakan aku intip nilaiku adalah 3,31. Huuh..nilai yang cukup tinggi dan sayang kalo dikasih nilai B. Tinggal o,09 lagi dapat nilai A. Yaah..dalam pikiranku mencoba menenangkan diri..Alhamdulillah, yang penting lulus, dibandingkan dua temenku sebelumnya yang harus mengulang. Hasil yang aku dapat sebanding dengan usaha dan kerja kerasku dalam penyusunan skripsiku.
Penyusunan skripsiku terbilang kilat dan nyaris tanpa hambatan berarti.

Start bulan Juli 2008, aku mulai semangat buat ngerjain skripsi. Sibuk cari data, sibuk nanya, sibuk cari referensi dan sibuk refreshing :D. Deadline-nya akhir Juli coy, 2 bulan lagi. Tapi kenapa ya?? tinggal 2 bulan tapi aku nyantai banget dan justru 2 bulan adalah waktu yang cukup lama untuk bikin skripsi. Makanya, 2 bulan terakhir, aku nyantai2 aja..lagian UAS juga belom kelar. Setelah UAS kelar di pertengahan juli, aku mulai tancap gas, tapi tetep aja tancepnya nyantai banget. Aku merasa, tema skripsiku terlalu mudah karena data sudah ada smua dan tinggal diolah dan dikasih sentuhan Industrial Engineering. :D.

Bulan Juli 2008, Satu bulan lagi, BAB1,2 & 3 udah kelar dan udah bimbingan..hihii..cuma sekali doang. Tinggal BAB 4 neeh. Situasi lagi ngga' memihak neeh..Kerjaan baru, ruangan kerja baru dan "hantu" baru..hihihii..
Dengan dorongan semangat dari beberapa temen dan sedikit dipaksain buat bgadang dan ngerjain di kantor, akhirnya jadi juga tuh skripsi. Hmm..so far, ga ada halangan yang berarti ciee.. Beda ama TA-ku dulu pas di Polines. Bikin alatnya aja pusingnya setengah mati, abis itu baru bikin laporanya. Kalo skripsiku ini, yaah..ada proyek udah jadi tinggal bikin laporan aja. Apalagi udah ada template nya..wekekek.

Tanggal 31 july 2008, deadline terakhir ngumpulin soft cover skripsi. Setelah satu hari sebelumnya berjuang ngejar2 tanda tangan akhirnya jadi juga tuh soft cover. dua hari sebelumnya, aku ngejar2 tanda tangan sekjur abis itu ngejar tanda tangan pembimbing. Tanda tangan pembimbing ini nih yang katro'. Untung pembimbingku. Pak Gun, baieeekk banget. Masa bimbingan cuma dua kali langsung di ACC semua, suruh tanda tangan form bimbingan sampai 12 pertemuan huahuha.
Biasanya kali menjelang detik2 terakhir, ada aja kesialanya. Tuh kan bener, baru aja menginjakkan kaki di kampus dan mau jilid soft cover, ketemu temenku dan bilang gini "Coy ukuran kertasnya letter bukan A4" dueeeng..langsung deh keringat dingin bercucuran. Astagfirullahaladzim, berarti aku salah dong, udah ngeprint 2 kali salah semua dong...Wah udah panik duluan. Ya iyalah..kalo settingan kertasnya beda kan berubah semua termasuk halaman2nya... Mampus aku. Untung aja mas2 fotocopy ngasih solusi. Dari yang ukuran A4 difotocopy perkecil menjadi letter. Alhamdulillah..akhirnya masalah terpecahkan.
Kesialan yang kedua ada lagi..Pas Foto 4x6. Whaat?? dibalikin ama mbaknya karena ukuranya 4x6. Yaiyalah namanya juga nyetak pake printer sendiri. Akhirnya dengan lapang dada aku terima rejection ini. Aku nyetak foto kilat dan alhamdulillah lagi hasilnya lebih bagus. Puas juga sih, solanya fotoo itu kan nantinya di taruh di Ijazah. Kalo fotonya ijazah burem padahal orangnya cakep kan ngga' asyik.

Setelah mengumpulkan soft cover, tinggal nunggu jadwal ujian pendadaran. Beberapa hari setelah itu aku buka di website. Jadwal Ujian Pendadaranku tanggal 14 Agustus 2008 jam 13.30 ~ 17.00. Langsung deh aku print screen jadwal Ujian tadi dan aku jadiin wallpaper di komputer kantorku. Dua minggu lagi aku ujian sidang pendadaran.

Tidak ada persiapan khusus buat Sidang Pendadaranku 2 minggu ini, belajar aja ngga'. Boro2 baca buku baca skripsi sendiri aja ngga'. almost 70% dasar teori tinggal copas aja. Dua hari sebelum ujian tuh baru kalang kabut. Kalang kabut persiapan bikin Slide presentasi. Soalnya cerita dari temenku yang habis ujian, yang penting itu teknik presentasinya. Makanya aku bagus2in tuh presentasinya. Dua hari full aku bikin slide presentasi pake power point, sampe ada tragedi laptopku kena virus segala.

As usually, menjelang detik2 mepet pasti ada aja sialnya. Hari rabu, tanggal 13 Agustus 2008, semaleman aku bikin slide presentasi. Pagi tanggal 14 Agustus, hari diaman siangnya aku Sidang, masih belum kelar juga tuh slide presentasi. Akhirnya jam 9 jadi juga tuh slide presentasi pake power point dengan segala macam accesoris dan animasi. Jam 9 tet aku sms-an ama temen seperjuanganku bikin skripsi, anas, Dia bilang kalo presentasinya pake transparan ngga' pake slide power point. GUBRAXXXX...
yaaa,..sia2 perjuanganku semaleman plus sepagian ini. mana belum baca2 materi sama sekali. Akhirnya dengan perasaan emosi, aku bikin slide transparan dan akhirnya jadi juga selama 15 menit.

Dag dig dug ...
Sebelum ujian sholat dzuhur dulu... berdoa biar semua lancar
Untung aja waktu ujian molor, semula yang dijadwalkan jam 13.30 molor 15 menit. waktu seakan lama banget ya..
Akhirnya dewan penguji datang. 1 dosen killer dan 1 lagi dosen nyantai. Waktu ujian dimulai..
.
.
.
.
.
Ga bisa diungkapkan dengan tulisan lah pokoknya
Yang jelas lulus dengan kurang begitu memuaskan.
Selesai sudah babak paling menetukan dalam hidupku

No comments: